Artikel (17)
Kesehatan (2)
Kisah (1)
Tips (3)













• 20 Mei 2017
DAFTAR HAJI KHUSUS Dapat PARSEL LEBARAN

• 12 Desember 2014
Umrah Reguler Bonus City Tour Cairo bersama BNI Syariah

• 19 Desember 2014
Umrah Reguler Bonus City Tour Cairo bersama BRISyariah (SOLD OUT)

• 25 Desember 2014
UMRAH 2 Jum'at


Beranda » Artikel » Wisata Religi, Traveling Mengingat Tuhan

Kamis, 24 Juli 2014 - 10:40:19 WIB
Wisata Religi, Traveling Mengingat Tuhan
Diposting oleh : eko
Kategori: Artikel - Dibaca: 19862 kali

Jakarta - Traveling tidak hanya senang-senang melihat dunia. Justru, traveling juga bisa menjadi sarana untuk mempertebal keimanan. Traveling berupa wisata religi, menjadi tren wisatawan sebagai sarana untuk mengingat Tuhan.

Wisata religi, wisata ruhani dan beberapa sebutan lain menggambarkan aktivitas kegiatan liburan dan traveling yang berbeda dengan kegiatan traveling pada umumnya. Dalam wisata religi, destinasi yang dituju adalah tempat ibadah serta situs sejarah yang terkait dengan perkembangan agama.

Wisata religi punya sejarah panjang dalam kebudayaan. Dalam konteks sejarah, kita mengenal istilah Pilgrimage, dimana orang-orang yang taat agama melakukan perjalanan spiritual menuju sumber agamanya berasal. Orang Islam pergi haji, umat Nasrani ke Vatikan atau Jerusalem. Orang Buddha dan Hindu ke beberapa tempat suci di India.

Travel Highlight kali ini mengangkat wisata religi Islam yang juga marak dilakukan karena bertepatan dengan bulan suci Ramadan. Pada bulan ini, makam Wali Songo dan masjid-masjid kuno warisan para penyebar Islam di Jawa itu penuh dengan para wisatawan religi dari berbagai daerah.

Masjid-masjid lain di Indonesia juga menjadi tempat asyik untuk wisata religi. Hal itu baik karena keantikannya, desain unik atau karena faktor sejarah lainnya. Masjid Istiqlal di Jakarta, Masjid Cheng Hoo di Surabaya, Masjid Terapung di Palu bisa menjadi pilihan menarik.

Belum lagi aneka keraton dan istana kesultanan di berbagai kota di Indonesia. Tempat-tempat ini adalah warisan peradaban Islam di Tanah Air.

Untuk luar negeri, Arab Saudi juga menjadi tujuan umrah di saat Ramadan. Makam Rasulullah Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi, Madinah, menjadi tujuan para jamaah setelah usai umrah.

Tiongkok juga punya peradaban Islam selama ratusan tahun dan banyak masjid, serta masyarakat Muslim di sana yang dikunjungi wisatawan dalam wisata religi. Di Eropa juga banyak warisan peradaban Islam mulai dari Turki, Spanyol, Rusia sampai Bosnia. Yang tidak disangka, wisata religi Islam juga bahkan bisa diakukan di Amerika Serikat untuk melihat bagaimana jejak sejarah Islam di Negeri Paman Sam.

Sementara, beberapa negara di dunia memiliki masjid-masjid yang megah, cantik dan menawan. Ini mulai dari Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi sampai Masjid Kubah Emas di Indonesia. Yang terakhir jangan dilupakan adalah situs-situs sejarah yang terkait dengan para nabi yang banyak bertebaran di Timur Tengah.

Wisata religi Islami tidak hanya menyenangkan dalam menikmati perjalanan, suasana, budaya dan suka ria semata. Lebih dari itu, wisata religi Islami akan menjadi perjalanan yang akan mendekatkan traveler dengan Allah.







/ /


Juni, 2017
MSSR KJS
    123
45678910
11121314151617
181920212223 24
252627282930 





236394

Pengunjung hari ini : 457
Total pengunjung : 57860

Hits hari ini : 2120
Total Hits : 236394

Pengunjung Online: 5





Bagaimana Pelayanan Kami?

Kurang Memuaskan
Cukup Memuaskan
Memuaskan
Sangat Memuaskan

Lihat Hasil Poling